Kamis, 04 September 2014

RPP KELAS X


 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH                         :     SMK  Negeri  1  Surabaya
MATA PELAJARAN                     :     Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER                    :     X  / 1
PROGRAM KEAHLIAN              :     Semua program keahlian
ALOKASI WAKTU                        :     4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI          :     1. Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan  Republik  Indonesia  ( NKRI )
KOMPETENSI DASAR                :     1.1. Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Negara
                                 
           
INDIKATOR :
Kognitif
A.     Produk
1.      Mendiskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.      Menjelaskan pengertian bangsa
3.      Menganalisis unsur -unsur terbentuknya bangsa
4.      Menganalisis unsur-unsur terbentuknya negara
B.     Proses
1.      Menjelaskan kedudukan manusia sebagai makhluk idividu dan makhluk sosial
2.      Memahami pengertian bangsa.
3.      Menguraikan unsur-unsur terbentuknya  bangsa dan negara
4.      Mengidentifikasi terbentuknya bangsa dan negara NKRI

Afektif
A.     Perilaku Berkarakter
1.      Berfikir kritis terhadap makna yang terkandung dalam pengertian bangsa dan Negara NKRI
2.      Secara mandiri maupun kelompok mampu menguraikan hakikat unsur-unsur terbentuknya bangsa dan negara.


B.     Ketrampilan Sosial
1.      Dapat melakukan kerjasama individu maupun kelompok meliputi presentasi, bertanya dan mengemukakan pendapat.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A.     Produk
1.      Tanpa membuka buku siswa dapat menjelaskan pengertian bangsa menurut pendapatnya sendiri
2.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan unsur-unsur terbentuknya bangsa dan negara.
3.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan terbentuknya bangsa dan negara NKRI.
B.     Proses.
1.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan unsur-unsur terbentuknya bangsa dan Negara.
2.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menegaskan makna pengertian bangsa.
3.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menerapkan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Afektif
A.  Perilaku Berkarakter
1.      Setelah membaca buku  dengan teliti dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang makna yang terkandung dalam  pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa tersebut
2.      Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menemukan contoh atau permaslahan tentang bangsa dan Negara.
B.  Ketrampilan sosial
1.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mampu mengemukakan pendapat  tentang terbentuknya bangsa dan Negara.
2.     Setelah membaca buku siswa mampu menerapkan bahwa manusia memilki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
3.     Setelah membaca buku dan mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang unsur-unsur terbentuknya bangsa dan Negara.
MATERI AJAR
1.       Hakekat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.       Hakekat bangsa
3.       Unsur -unsur terbentuknya bangsa
                                                                                                                      
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø  Model       :  Kooperatif  tipe Artikulasi
Ø  Metode     :  Ceramah, Diskusi Kelompok, Pemberian Tugas

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1

















2.
I

















II




Kegiatan Awal.(Apresepsi )
1.      Guru memotivasi siswa dalam Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti(Elaborasi dan Kolaborasi )
1.      Guru menjelaskan pengertian bangsa
2.      Guru menjelaskan tentang terbentuknya unsur-unsur bangsa
3.      Guru menjelaskan tentang terbentuknya unsur-unsur negara
4.      Guru menguraikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
5.      Guru membagi kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa
6.      Guru memberikan arahan kepada siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan Akhir.(Konfirmasi)
Ø  Guru mengadakan tanya jawab sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir

Kegiatan Awal( Apresepsi )
Ø  Guru mengadakan  apersepsi tentang materi minggu lalu dengan cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang hakekat bangsa dan negara
Kegiatan Inti( Elaborasi dan Kolaborasi)
1.      Guru meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di bentuk minggu lalu
2.      Guru mempersilahkan siswa untuk menerangkan materi kepada kelompoknya secara bergantian
3.      Guru meminta siswa secara bergantian untuk menguraikan / menceriterakan kembali tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru serta yang telah dipelajari dari kelompoknya.


Kegiatan Akhir  (Konfirmasi)
Ø  Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan tentang hakekat terbentuknya bangsa dan Negara Keatuan Republik Indonesia (NKRI)
10’



70’









10



5’



75’







10’

SUMBER BELAJAR
1.                  Buku Paket PKn kelas XII Yudistira
2.                  Buku Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.                  Buku Paket PKn kelas XII  Esis
4.                  Buku Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.                  Buku Paket PKn XII Armico

MEDIA DAN BAHAN
1.                  Power Point
2.                  LCD

PENILAIAN
1.      Penugasan ( siswa diminta untuk membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian pada pertemuan ke dua)
2.      Tes tertulis dengan bentuk soal uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a.       Penguasaan Materi
b.      Sistematika dalam penyampaian materi
c.       Tata bahasanya
d.      Sikap pada saat tampil
e.       Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi











Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn  dalam Mengerjakan Tugas
No
Rincian Kinerja
A
B
C
D
1.
2.
3.

4.
5
6.
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan





Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali                                              C = Cukup
B = Baik                                                         D = Kurang

                                                                                       Surabaya,  Juli 2012
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran PKN


           Drs. SUGIONO M.Pd.                                      HUSNUN NIAM,SH.SPd
         NIP. 195907051986031027                                  NIP:-




 Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.1.  Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik  Indonesia  ( NKRI )
KD.1.  Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Negara

No.
Nama Siswa
Rincian Kinerja
Tanggung
jawab
Kerjasama
Kesesuaian
Materi
Kritis
Teliti
Keaktifan
Ket
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Ketentuan Penilaian
A.                 = Baik Sekali
B.                 = Baik                                                                                                
C.                 = Cukup
D.                 = Kurang                                                                    
                                                                                               



Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn
SK.1.  Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik  Indonesia  ( NKRI )
KD.1.  Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Negara

No.
Nama
Siswa
Sikap
Nilai
Ket.
Bekerja Sama
Penuh Perhatian
Berinisiatif
Bekerja sistematis
Ketepatan Pendapat
1.








2.








3.








4.








5.








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25








26








27








28








29








30








31








32








33








34








35








36








37








38








39








40









Skor Penilaian                                                            Ketentuan Penilaian
a.       85  jika kelima aspek terpenuhi                               A   =    Baik Sekali
b.      80  jika keempat aspek terpenuhi                            B    =    Baik
c.       75  jika ketiga aspek terpenuhi                                C   =    Cukup
d.      70  jika kedua aspek terpenuhi                                D   =    Kurang


KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
STANDAR KOMPETENSI    :    1.   Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia  ( NKRI )
Jenjang Pendidikan    : SMK                                     Jumlah Soal     : 5
Mata Pelajaran         : PKn                                       Bentuk Soal     : Uraian
Kelas / Semester        : X / 1                                      Alokasi Waktu : 60’

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /               Uraian Materi
Bentuk Instrumen
Indikator Soal
No Soal
1.
1Mendiskripsikan Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
Bangsa dan Negara
1.    Manusia sebagai mahluk individu dan mahluk sosial
2.Pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya   bangsa
3.   Pengertian Negara dan unsur-unsur terbentuknya Negara
-   Rakyat
-   Wilayah
-   Pemerintah  berdaulat
-   Pengakuan Negara lain

Tes tertulis

Bentuk
soal
uraian














1.  Jelaskan Pengertian manusia sebagai mahluk individu
2. Jelaskan Pengertian manusia sebagai mahluk sosial
3. Jelaskan Pengertian bangsa
4. Sebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa
5. Jelaskan Pengertian negara
6. Sebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa

1

2

3

4

5















Lembar Penilaian
( tes tertulis dengan bentuk soal uraian )
Kelas X Semester 1

SK.1.  Memahami Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik  Indonesia  ( NKRI )
KD.1.  Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Negara

Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan singkat,jelas dan benar!
1.      Jelaskan pengertian bangsa dalam arti politis dan sosiologis !
2.      Sebutkan unsur- unsur penting terbentuknya bangsa Indonesia  ?
3.      Jelaskan unsur-unsur konstitutif dan deklaratif bagi terbentuknya negara !
4.      Sebutkan tujuan Negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 !
5.      Jelaskan perbedaan ciri-ciri negara kesatuan dengan negara serikat !

Kunci Jawaban
1. a. Bangsa dalam arti politis, adalah suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sama dan tunduk kepada kedaulatan negara sebagai suatu kekuasaan tertinggi negara.
b. Bangsa dalam arti sosiologis antropologis, adalah persekutuan hidup masyarakat yang diikat oleh kesamaan ras, budaya, keyakinan, bahasa, dan sebagainya ( disebut ikatan primordial ).
2. a. Persamaan nasib yaitu penderitaan bersama karena penjajahan bangsa asing selama kurang lebih 350 tahun.
b. Keinginan bersama untuk merdeka, melepaskan diri dari ikatan belenggu penjajahan.
c. Kesatuan tempat tinggal yaitu wilayah Nusantara yang membentang dari Sumatra sampai Papua.
d. Cita-cita bersama untuk mencapai kemakmuran dan keadilan sebagai suatu bangsa.
3. a. Unsur Konstitutif, yaitu Rakyat yang bersatu, Wilayah atau daerah yang pasti, Pemerintah yang berdaulat.
b. Unsur Deklaratif, yaitu pernyataan pengakuan dari negara lain, baik de facto maupun de jure.
4. a. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b. Memajukan kesejahteraan umum,
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
d. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
5. Ciri negara kesatuan hanya ada satu negara dalam negara  sedangkan negara serikat ada banyak negara ( negara bagian ) dalam nefara.

0 komentar:

 

Blogger news

Blogroll