RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : SMK
Negeri 1 Surabaya
MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : X
/ 1
PROGRAM KEAHLIAN :
Semua program keahlian
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami
Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik
Indonesia ( NKRI )
KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan
Unsur-Unsur Terbentuknya
Negara
INDIKATOR :
Kognitif
A. Produk
1.
Mendiskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu
dan makhluk sosial
2.
Menjelaskan pengertian bangsa
3.
Menganalisis unsur -unsur terbentuknya bangsa
4.
Menganalisis unsur-unsur terbentuknya negara
B. Proses
1. Menjelaskan kedudukan manusia
sebagai makhluk idividu dan makhluk sosial
2. Memahami pengertian bangsa.
3. Menguraikan unsur-unsur
terbentuknya bangsa dan negara
4. Mengidentifikasi terbentuknya bangsa
dan negara NKRI
Afektif
A. Perilaku Berkarakter
1. Berfikir kritis terhadap makna yang
terkandung dalam pengertian bangsa dan Negara NKRI
2. Secara mandiri maupun kelompok mampu
menguraikan hakikat unsur-unsur terbentuknya bangsa dan negara.
B. Ketrampilan Sosial
1. Dapat melakukan kerjasama individu
maupun kelompok meliputi presentasi, bertanya dan mengemukakan pendapat.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
A. Produk
1. Tanpa membuka buku siswa dapat
menjelaskan pengertian bangsa menurut pendapatnya sendiri
2. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menguraikan unsur-unsur terbentuknya
bangsa dan negara.
3. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menjelaskan terbentuknya bangsa dan
negara NKRI.
B. Proses.
1. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat membedakan unsur-unsur terbentuknya
bangsa dan Negara.
2. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menegaskan makna pengertian bangsa.
3. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menerapkan kedudukan manusia sebagai
makhluk individu dan makhluk sosial.
Afektif
A. Perilaku
Berkarakter
1. Setelah membaca buku dengan teliti dan mendengarkan penjelasan
guru siswa dapat mengemukakan pendapatnya secara kritis tentang makna yang
terkandung dalam pengertian bangsa dan
unsur-unsur terbentuknya bangsa tersebut
2. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menemukan contoh atau permaslahan
tentang bangsa dan Negara.
B. Ketrampilan
sosial
1. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mampu mengemukakan pendapat tentang terbentuknya bangsa dan Negara.
2. Setelah membaca buku siswa mampu
menerapkan bahwa manusia memilki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk
sosial.
3. Setelah membaca buku dan
mendengarkan penjelasan guru siswa dapat mengemukakan pendapat tentang
unsur-unsur terbentuknya bangsa dan Negara.
MATERI AJAR
1.
Hakekat manusia
sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.
Hakekat bangsa
3.
Unsur -unsur
terbentuknya bangsa
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Ø Model : Kooperatif tipe Artikulasi
Ø Metode : Ceramah, Diskusi
Kelompok, Pemberian Tugas
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Pertemuan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1
2.
|
I
II
|
Kegiatan
Awal.(Apresepsi )
1. Guru memotivasi siswa dalam
Kegiatan belajar sehingga terjadi interaksi belajar.
2. Guru menginformasikan tujuan
pembelajaran
Kegiatan
Inti(Elaborasi dan Kolaborasi )
1. Guru menjelaskan pengertian bangsa
2. Guru menjelaskan tentang
terbentuknya unsur-unsur bangsa
3. Guru menjelaskan tentang
terbentuknya unsur-unsur negara
4. Guru menguraikan kedudukan manusia
sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
5. Guru membagi kelompok masing-masing
kelompok terdiri dari 4 siswa
6. Guru memberikan arahan kepada
siswa terkait dengan tugas yang akan dikerjakan
Kegiatan
Akhir.(Konfirmasi)
Ø Guru mengadakan tanya jawab
sekitar materi yang baru di bahas sebelum pelajaran berakhir
Kegiatan
Awal( Apresepsi )
Ø Guru mengadakan apersepsi tentang materi minggu lalu dengan
cara meminta siswa untuk menguraikan secara singkat tentang hakekat bangsa
dan negara
Kegiatan
Inti( Elaborasi dan Kolaborasi)
1.
Guru
meminta siswa untuk kembali berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah di
bentuk minggu lalu
2.
Guru
mempersilahkan siswa untuk menerangkan materi kepada kelompoknya secara
bergantian
3.
Guru
meminta siswa secara bergantian untuk menguraikan / menceriterakan kembali
tentang materi yang telah dijelaskan oleh guru serta yang telah dipelajari
dari kelompoknya.
Kegiatan
Akhir (Konfirmasi)
Ø Guru bersama siswa mengadakan
refleksi dengan cara meminta siswa untuk membuat kesimpulan tentang hakekat
terbentuknya bangsa dan Negara Keatuan Republik Indonesia (NKRI)
|
10’
70’
10’
5’
75’
10’
|
SUMBER BELAJAR
1.
Buku
Paket PKn kelas XII Yudistira
2.
Buku
Paket PKn kelas XII PT Galaksi Puspa Mega
3.
Buku
Paket PKn kelas XII Esis
4.
Buku
Paket PKn XII Tiga Serangkai
5.
Buku
Paket PKn XII Armico
MEDIA DAN BAHAN
1.
Power
Point
2.
LCD
PENILAIAN
1. Penugasan ( siswa diminta untuk
membuat rangkuman materi yang telah diterima kemudian di presentasikan secara bergantian
pada pertemuan ke dua)
2. Tes tertulis dengan bentuk soal
uraian
@ Untuk Penugasan Aspek Yang Dinilai
a. Penguasaan Materi
b. Sistematika dalam penyampaian materi
c. Tata bahasanya
d. Sikap pada saat tampil
e. Kerja sama dengan pasangannya
@ Skor Penilaian
a. 85
jika kelima aspek terpenuhi
b. 80
jika keempat aspek terpenuhi
c. 75
jika ketiga aspek terpenuhi
d. 70
jika kedua aspek terpenuhi
Lembar
Pengamatan Perilaku Berkarakter Mata Pelajaran PKn dalam Mengerjakan Tugas
No
|
Rincian Kinerja
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
2.
3.
4.
5
6.
|
Tanggung jawab baik secara individu maupun kelompok
Kerja Sama
Kesesuaian antara kompetensi dengan isi yang disampaikan
di depan kelas
Kritis
Teliti
Keaktifan
|
Ketentuan Penilaian
A = Baik Sekali C
= Cukup
B = Baik D = Kurang
Surabaya, Juli 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Guru Mata Pelajaran PKN
Drs. SUGIONO M.Pd. HUSNUN
NIAM,SH.SPd
NIP. 195907051986031027 NIP:-
Lembar Pengamatan Perilaku
Berkarakter dalam Mengerjakan Tugas PKn
SK.1. Memahami Hakekat Bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
KD.1. Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya
Negara
No.
|
Nama
Siswa
|
Rincian
Kinerja
|
||||||
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
Kesesuaian
Materi
|
Kritis
|
Teliti
|
Keaktifan
|
Ket
|
||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
||||||||
35
|
||||||||
36
|
||||||||
37
|
||||||||
38
|
||||||||
39
|
||||||||
40
|
Ketentuan Penilaian
A.
= Baik Sekali
B.
= Baik
C.
= Cukup
D.
= Kurang
Lembar Penilaian Sikap dalam Diskusi PKn
SK.1. Memahami Hakekat Bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
KD.1. Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya
Negara
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
Bekerja Sama
|
Penuh Perhatian
|
Berinisiatif
|
Bekerja sistematis
|
Ketepatan Pendapat
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
||||||||
35
|
||||||||
36
|
||||||||
37
|
||||||||
38
|
||||||||
39
|
||||||||
40
|
Skor Penilaian Ketentuan
Penilaian
a.
85 jika kelima aspek terpenuhi A = Baik
Sekali
b.
80 jika keempat aspek terpenuhi B = Baik
c.
75 jika ketiga aspek terpenuhi C = Cukup
d.
70 jika kedua aspek terpenuhi D = Kurang
KISI
– KISI PENULISAN SOAL ULANGAN
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami
Hakekat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
Jenjang Pendidikan :
SMK Jumlah
Soal : 5
Mata Pelajaran
: PKn Bentuk Soal : Uraian
Kelas / Semester : X / 1 Alokasi
Waktu : 60’
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok / Uraian Materi
|
Bentuk Instrumen
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
1.
|
1Mendiskripsikan
Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
|
Bangsa dan Negara
1. Manusia sebagai mahluk individu
dan mahluk sosial
2.Pengertian
bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
3.
Pengertian
Negara dan unsur-unsur terbentuknya Negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah berdaulat
- Pengakuan Negara lain
|
Tes tertulis
Bentuk
soal
uraian
|
1. Jelaskan Pengertian manusia sebagai mahluk
individu
2. Jelaskan Pengertian manusia
sebagai mahluk sosial
3. Jelaskan Pengertian bangsa
4. Sebutkan unsur-unsur
terbentuknya bangsa
5. Jelaskan Pengertian negara
6.
Sebutkan unsur-unsur terbentuknya bangsa
|
1
2
3
4
5
|
Lembar Penilaian
( tes tertulis dengan bentuk soal uraian )
Kelas X Semester 1
SK.1. Memahami Hakekat Bangsa dan Negara
Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )
KD.1. Mendiskripsikan Hakekat Bangsa dan Unsur-Unsur Terbentuknya
Negara
Jawablah Pertanyaan dibawah ini
dengan singkat,jelas dan benar!
1. Jelaskan pengertian bangsa dalam
arti politis dan sosiologis !
2. Sebutkan unsur- unsur penting
terbentuknya bangsa Indonesia ?
3. Jelaskan unsur-unsur konstitutif dan
deklaratif bagi terbentuknya negara !
4. Sebutkan tujuan Negara Indonesia
yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 !
5. Jelaskan perbedaan ciri-ciri negara
kesatuan dengan negara serikat !
Kunci Jawaban
1. a. Bangsa dalam arti politis,
adalah suatu masyarakat dalam suatu daerah yang sama dan tunduk kepada
kedaulatan negara sebagai suatu kekuasaan tertinggi negara.
b. Bangsa dalam arti sosiologis
antropologis, adalah persekutuan hidup masyarakat yang diikat oleh kesamaan
ras, budaya, keyakinan, bahasa, dan sebagainya ( disebut ikatan primordial ).
2. a. Persamaan nasib yaitu
penderitaan bersama karena penjajahan bangsa asing selama kurang lebih 350
tahun.
b. Keinginan bersama untuk merdeka,
melepaskan diri dari ikatan belenggu penjajahan.
c. Kesatuan tempat tinggal yaitu
wilayah Nusantara yang membentang dari Sumatra sampai Papua.
d. Cita-cita bersama untuk mencapai
kemakmuran dan keadilan sebagai suatu bangsa.
3.
a. Unsur Konstitutif, yaitu Rakyat yang bersatu, Wilayah atau daerah yang
pasti, Pemerintah yang berdaulat.
b. Unsur Deklaratif, yaitu pernyataan
pengakuan dari negara lain, baik de facto maupun de jure.
4. a. Melindungi
segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
b. Memajukan kesejahteraan umum,
c. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
d. Ikut melaksanakan ketertiban
dunia yang berdasarkan kemerdekaaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
5.
Ciri negara kesatuan hanya ada satu negara dalam negara sedangkan negara serikat ada banyak negara (
negara bagian ) dalam nefara.
0 komentar:
Posting Komentar