KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran :
SEJARAH
Banyak soal :
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
3.1 Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis
(diakronik), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
|
Cara
Berfikir Kronologis dan Sinkronik dalam mempelajari Sejarah
· Cara berfikir kronologis dalam mempelajari sejarah
|
Konsep
ruang dan waktu
Menjelaskan cara berfikir kronis tentang ruang lingkup pembelajaran
sejarah
|
Pilihan Ganda
|
1
|
2
|
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
|
Indonesia Zaman
Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia.
· Corak Kebudayaan zaman praaksara
|
· Corak Kebudayaan zaman praaksara
|
Pilihan Ganda
|
2
|
3
|
3.3 Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
|
Indonesia Zaman
Praaksara: awal kehidupan Manusia Indonesia.
· Corak Kebudayaan zaman praaksara
|
· Corak Kebudayaan zaman praaksara
|
Pilihan Ganda
|
3
|
4
|
3.4 Menganalisis asal-usul
nenek moyang bangsa Indonesia (Proto,
Deutero Melayu dan Melanesoid
|
· Asal-usul
nenek Moyang bangsa Indonesia
|
· Asal-usul
nenek Moyang bangsa Indonesia
|
Pilihan Ganda
|
4
|
5
|
3.5 Menganalisis kerajaan-kerajaan pada
masa Hindu Budha
|
Kerajaan
–kerajaan pada masa Hindu-Budha
|
Perlawanan raja-raja terhadap bangsa Barat(kolonial)
|
Pilihan Ganda
|
5
|
6
|
3.6 Menganalisis kerajaan-kerajaan pada
masa Hindu Budha
|
Kerajaan
–kerajaan pada masa Hindu-Budha
|
Perlawanan raja-raja terhadap bangsa Barat(kolonial)
|
Pilihan Ganda
|
6
|
7
|
3.7 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Islam di Indonesia.
|
Zaman
Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
· Teori-teori
masuk dan berkembangnya Islam
|
teori
tentang proses masuk dan berkembangnya
agama dan kebudayaan Islam di Indonesia.
|
Pilihan Ganda
|
7
|
8
|
3.8 Menganalisis
karakteristik kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan kebudayaan pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
|
·
Faktor – faktor kejayaan dan keruntuhan suatu kerajaan
pada masa Hindu-Budha
|
·
Faktor – faktor kejayaan dan keruntuhan suatu kerajaan
pada masa Hindu-Budha
|
Pilihan Ganda
|
8
|
9
|
3.1 Mengevaluasi perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
Pilihan Ganda
|
9
|
10
|
3.2 Mengevaluasi perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
Pilihan Ganda
|
10
|
11
|
3.9 Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan
kebudayaan Islam di Indonesia.
|
Zaman
Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
·
Teori-teori masuk dan berkembangnya Islam
|
·
Teori-teori masuk dan berkembangnya Islam
|
Pilihan Ganda
|
11
|
12
|
3.3 Mengevaluasi perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
Pilihan Ganda
|
12
|
13
|
3.1
Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
Indonesia pada masa Demokrasi
Liberal dan Demokrasi Terpimpin
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
Pilihan Ganda
|
13
|
14
|
3.4 Menganalisis
persamaan dan perbedaan pendekatan dan
strategi pergerakan nasional di Indonesia pada masa awal kebangkitan
nasional, Sumpah Pemuda dan sesudahnya
sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan.
|
·
Strategi
pergerakan nasional di Indonesia pada.masa awal kebangkitan nasional, Sumpah
Pemuda, dan sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan.
|
·
Strategi
pergerakan nasional di Indonesia pada.masa awal kebangkitan nasional, Sumpah
Pemuda, dan sesudahnya sampai dengan Proklamasi Kemerdekaan.
|
Pilihan Ganda
|
14
|
15
|
3.5 Menganalisis kemaharajaan VOC
|
·
Memahami motivasi, nafsu dan kejayaan Barat
·
Memahami petualangan, penjelajahan dan penemuan dunia
baru
|
·
Memahami motivasi, nafsu dan kejayaan Barat
·
Memahami petualangan, penjelajahan dan penemuan dunia
baru
|
Pilihan Ganda
|
15
|
16
|
3.6 Mengevaluasi perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan keserakahan kongsi dagang
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan keserakahan kongsi dagang
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
Pilihan Ganda
|
16
|
17
|
3.7 Mengevaluasi perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan keserakahan kongsi dagang
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
· perang melawan keserakahan kongsi dagang
· perang melawan penjajahan kolonial Hindia Belanda
|
Pilihan Ganda
|
17
|
18
|
3.8 Menganalisis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat ( Portugis, Belanda dan Inggris ) di
Indonesia.
|
·
Proses
masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
|
·
Proses
masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
|
Pilihan Ganda
|
18
|
19
|
3.9 Menganalisis awal pemerintahan “saudara tua”
|
Bab IV
Tirani Matahari terbit
· penguasaan kepulauan Indonesia oleh saudara tua
· selamat datang saudara tua
|
· penguasaan kepulauan Indonesia oleh saudara tua
· selamat datang saudara tua
|
Pilihan Ganda
|
19
|
20
|
3.10Dampak kedatangan saudara tua dalam berbagai kehidupan
|
· dampak pendudukan jepang di indonesia
· janji kemerdekaan
|
· dampak pendudukan jepang di indonesia
· janji kemerdekaan
|
Pilihan Ganda
|
20
|
21
|
3.11Dampak kedatangan saudara tua dalam berbagai kehidupan
|
· dampak pendudukan jepang di indonesia
· janji kemerdekaan
|
· dampak pendudukan jepang di indonesia
· janji kemerdekaan
|
Pilihan Ganda
|
21
|
22
|
3.12Menganalisis awal pemerintahan “saudara tua”
|
· penguasaan kepulauan Indonesia oleh saudara tua
· selamat datang saudara tua
|
· penguasaan kepulauan Indonesia oleh saudara tua
· selamat datang saudara tua
|
Pilihan Ganda
|
22
|
23
|
3.13Menganalisis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat ( Portugis, Belanda dan Inggris ) di
Indonesia.
|
·
Proses
masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
|
·
Proses
masuk dan perkembangan penjajahan Bangsa Barat di Indonesia
|
Pilihan Ganda
|
23
|
24
|
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
Pilihan Ganda
|
24
|
25
|
4.2. Mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan
pemberontakan
|
Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan
ideologi, kepentingan dan pemerintahan
|
Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan
ideologi, kepentingan dan pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
25
|
26
|
4.3. Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan
dan pemerintahan
|
o Dari konflik Menuju konsensus suatu pembelajaran
|
o Dari konflik Menuju konsensus suatu pembelajaran
|
Pilihan Ganda
|
26
|
27
|
4.4. Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi,
kepentingan dan pemerintahan
|
o Dari konflik Menuju konsensus suatu pembelajaran
|
o Dari konflik Menuju konsensus suatu pembelajaran
|
Pilihan Ganda
|
27
|
28
|
4.5. Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi,
kepentingan dan pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
28
|
29
|
4.6. Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi,
kepentingan dan pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
29
|
30
|
4.7. Mengevaluasi kejadian-kejadian
pada masa transisi (Tritura, Supersemar dan dualisme kepemimpinan)
|
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
o Integrasi timor-timor
|
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
o Integrasi timor-timor
|
Pilihan Ganda
|
30
|
31
|
4.8. Mengevaluasi
kejadian-kejadian pada masa transisi (Tritura, Supersemar dan dualisme
kepemimpinan)
|
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
o Integrasi timor-timor
|
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
o Integrasi timor-timor
|
Pilihan Ganda
|
31
|
32
|
4.9. Mengidentifikasi
perkembangan politik dan ekonomi pada masa pemerintahan (BJ Habibie, Abdur
rohman Wahid, Megawati dan Sby)
|
o
Masa akhir orde baru
o
Perkembangan politik dan ekonomi
|
o
Masa akhir orde baru
o
Perkembangan politik dan ekonomi
|
Pilihan Ganda
|
32
|
33
|
4.10.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa dan pergolakan
yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
33
|
34
|
4.11.
Mendeskripsikan Sistem dan sruktur politik
dan ekonomi masa reformasi
|
Sistem
dan sruktur politik dan ekonomi masa reformasi (1998-sekarang):
|
o
Dampak kebijakan politik dan ekonomi masa orde baru
|
Pilihan Ganda
|
34
|
35
|
4.12.
Mengevaluasi dampak dari kebijakan politik dan ekonomi masa orde baru
|
o Dampak kebijakan politik dan ekonomi masa orde baru
|
|
Pilihan Ganda
|
35
|
36
|
4.13.
Mendeskripsikan Sistem dan sruktur politik
dan ekonomi masa Orde Baru
|
Sistem
dan sruktur politik dan ekonomi masa Orde Baru:
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
|
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
|
Pilihan Ganda
|
36
|
37
|
4.14.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa dan pergolakan
yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
37
|
38
|
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
Pilihan Ganda
|
38
|
39
|
Mengevaluasi
perkembangan kehidupan politik,
sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
|
Pilihan Ganda
|
39
|
40
|
4.15.
Mendeskripsikan Sistem dan sruktur politik
dan ekonomi masa Orde Baru
|
Sistem
dan sruktur politik dan ekonomi masa Orde Baru:
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
|
o Masa transisi 1966-1967
o Stabilitas politik dan rehabilitasi ekonomi
|
Pilihan Ganda
|
40
|
41
|
4.16.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa dan pergolakan
yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
41
|
42
|
4.17.
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa dan pergolakan
yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Pilihan Ganda
|
42
|
43
|
3.14 Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda.
|
Perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu, dan Belanda
|
Perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya
mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu, dan Belanda
|
Pilihan Ganda
|
43
|
44
|
3.2 Mengevaluasi kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok
dan Misi Garuda.
|
Kontribusi
Bangsa Indonesia dalam Perdamaian
Dunia.
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
Pilihan Ganda
|
44
|
45
|
3.3 Mengevaluasi kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok
dan Misi Garuda.
|
Kontribusi
Bangsa Indonesia dalam Perdamaian
Dunia.
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
Pilihan Ganda
|
45
|
1.
|
4.18.
Mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan
pemberontakan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
o Konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan
pemerintahan
|
Uraian
|
1
|
2.
|
Mengidentifikasi
peranan bangsa Indonesia dalam panggung dunia
|
Bab VI
Indonesia
dalam panggung Dunia:
o Landasan ideal dan konstitusi politik luar negeri bebas aktif
|
Mengidentifikasi Landasan
ideal dan konstitusi politik luar negeri bebas aktif
|
Uraian
|
2
|
3.
|
3.4 Mengevaluasi peran pelajar,
Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia
|
·
Peran
pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia
|
·
Peran
pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia
|
Uraian
|
3
|
4.
|
3.5 Mengevaluasi kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok
dan Misi Garuda.
|
Kontribusi
Bangsa Indonesia dalam Perdamaian
Dunia.
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
·
Mengkomunikasikan
Kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
Uraian
|
4
|
5.
|
3.6 Mengevaluasi kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok
dan Misi Garuda.
|
Kontribusi
Bangsa Indonesia dalam Perdamaian
Dunia.
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya
; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
·
Mengkomunikasikan
Kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
Uraian
|
5
|
0 komentar:
Posting Komentar