RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Negeri 1 Surabaya
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas/Semester : X /
Genap
Topik
: Perjuangan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan Kemerdekaan
Pertemuan ke- : 1-4
Alokasi waktu : 4 minggu x 3 jam pelajaran x@45
menit
A.
Kompetensi Inti :
KI-3(Pengetahuan) :Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian Sejarah
Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan): Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kajian Sejarah
Indonesia Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan
mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif,
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
3.8 Menganalisis
strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan
kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan Belanda
|
3.8.1 Menganalisis sebab kedatangan kembali
Belanda ke Indonesia sesudah
proklamasi kemerdekaaan Indonesia
3.8.2 sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia
3.8.3 Menganalisis awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia
untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
3.8.4 Menganalisis strategi perjuangan fisik
bangsa Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
3.8.5 Menganalisis strategi perjuangan diplomasi
bangsa Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
C.
Tujuan
1. Siswa mampu sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
2. Siswa mampu menganalisa sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan
Indonesia
3. Siswa mampu Menganalisis
awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan kedaulatan
(Renville, Linggajati, Roem-Royen)
4. Siswa mampu Menganalisis strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia
menghadapi Agresi Militer Belanda
5. Siswa mampu Menganalisis strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
D.
Materi Pembelajaran
1. Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
2. awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
3. strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda
4. strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
E.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan :
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based
Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media Pembelajaran
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan
gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru,
pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø
Penggaris, spidol,
papan tulis
Ø
Laptop & infocus
Ø
Audio: kaset dan CD.
Ø
Audio-cetak: kaset
atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø
Proyeksi visual
diam: OUT dan film bingkai.
Ø
Proyeksi audio
visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø
Audio visual gerak:
VCD, DVD, dan W.
Ø
Visual gerak: film
bisu.
Ø
Objek fisik: Benda
nyata, model, dan spesimen.
Ø
Komputer.
G.
Sumber Belajar
a. Buku ajar mentari kurikulum 2013 sejarah
kelas x semester 2
b. Buku guru sejarah Indonesia kelas xii kurikulum
2013 Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang,Kemdikbud
c. Buku guru sejarah Indonesia kelas xi kurikulum
2013 Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang,Kemdikbud
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (3
x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk
memusatkan perhatian pada topik materi Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran dengan
cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide
presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi menjelaskan Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran yang
sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi tentang Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran sesuai
dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|||
→
|
Mengolah informasi dari materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|
||
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi menjelaskan Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi menjelaskan Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi menjelaskan Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran yang
akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi menjelaskan Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran
menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda
ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan Indonesia Materi Pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran yang
baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi menjelaskan Sebab – sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi
kemerdekaaan Indonesia Materi
Pembelajaran kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
2.
|
Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait mengidentifikasi
awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia
untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang sedang
dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia
untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) sesuai dengan
pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari materi mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi syarat-syarat
memperoleh midal usaha berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan.
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi awal perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang akan selesai
dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran
mengidentifikasi
awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia
untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen)
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran mengidentifikasi awal perjuangan diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan
kedaulatan (Renville, Linggajati, Roem-Royen) kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
||
|
|||
3.
|
Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan strategi
perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda
oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan
gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia
menghadapi Agresi Militer Belanda yang telah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya
dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran
strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:
nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia
menghadapi Agresi Militer Belanda yang baru
diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia menghadapi Agresi
Militer Belanda l kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
||
4.
|
Pertemuan Ke-4 (2 x 45 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru :
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa kehadiran peserta didik
sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan pertanyaan
|
||
Pemberian Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar sesuai dengan
langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat (tanpa atau dengan
Alat)
|
||
|
Menayangkan gambar/foto/video yang
relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar kerja materi strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
●
|
Pemberian contoh-contoh materi strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah
dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang
lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis resume dari hasil pengamatan dan
bacaan terkait Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia
di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
|
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan
dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang
diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan
pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan
belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta didik mengumpulkan informasi
yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui
kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati dengan seksama materi strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber
guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal
yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan
diajukan kepada guru berkaitan dengan materi strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan
materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri sesudah
Agresi Militer Belanda yang telah disusun dalam daftar
pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta didik dibentuk dalam beberapa
kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
→
|
Mengumpulkan informasi
|
||
|
Mencatat semua informasi tentang materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang telah diperoleh pada buku catatan
dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan ulang
|
||
|
Peserta didik mengkomunikasikan secara
lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling tukar informasi tentang
materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,
sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik dalam kelompoknya
berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
|
|||
→
|
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah informasi dari materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta didik mendiskusikan hasil
pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah keluasan dan kedalaman sampai
kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber
yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras,
kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|||
Generalization (menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta didik berdiskusi untuk
menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi cara memperoleh modal usaha dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya atas presentasi tentang
materi strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
|
||
|
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab pertanyaan tentang materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan uji kompetensi untuk
materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran
Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
|
|||
●
|
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda yang baru dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk
materi pelajaran tentang Menganalisa
strategi perjuangan diplomasi bangsa
Indonesia di luar negeri sesudah Agresi Militer Belanda
yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk
kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah
atau dirumah.
|
||
Guru :
|
|||
●
|
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda
|
||
●
|
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan penghargaan untuk materi
pelajaran Menganalisa strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar negeri
sesudah Agresi Militer Belanda kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan
sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses
pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru.
Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS
: Bekerja Sama
• JJ
: Jujur
• TJ
: Tanggun Jawab
• DS
: Disiplin
Catatan :
1. Aspek
perilaku dinilai dengan kriteria:
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Cukup
25 =
Kurang
2. Skor
maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor
sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran
dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk
menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat
objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian
diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria
penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,
singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan
untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =
62,50
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
5. Format
di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan
keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta
didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya
guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian,
dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman
sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor
penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan
untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor
maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor
sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 =
90,00
4. Kode
nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 –
25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi,
Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat
dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi
jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 =
Sangat Baik
75 =
Baik
50 =
Kurang Baik
25 =
Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan
peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan
Indonesia!
2) Jelaskan tentang bagaimana awal perjuangan
diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati,
Roem-Royen)!
3) Jelaskan tentang strategi perjuangan fisik bangsa
Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda !
4) Jelaskan strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar
negeri sesudah Agresi Militer Belanda !
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1. Jelaskan tentang Sebab –
sebab kedatangan kembali Belanda ke Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaaan
Indonesia!
2. Jelaskan tentang bagaimana awal perjuangan
diplomasi bangsa Indonesia untuk mempertahan kedaulatan (Renville, Linggajati,
Roem-Royen)!
3. Jelaskan tentang strategi perjuangan fisik bangsa Indonesia
menghadapi Agresi Militer Belanda !
4. Jelaskan strategi perjuangan diplomasi bangsa Indonesia di luar
negeri sesudah Agresi Militer Belanda !
Surabaya,4
Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMK
Negeeri 1 Surabaya Guru
Mata Pelajaran
Dra. Siti Rochana, MM Husnun Niam, S.Pd
NIP:
19590715 198603 2 013 NUPTK:5436759662200002
Materi :
0 komentar:
Posting Komentar